Web Koran VGA

Membuat Tulisan Koran

VGA


Definisi:
 VGA atau yang merupakan kependekan dari Video Graphics Adapter merupakan salah satu komponen dari komputer, yang sifatnya “penting gak penting”. Ada beberapa komputer yang menyematkan VGA onboard pada sistemnya, dan ada pula komputer yang menyematkan VGA terpisah pada sistemnya. Maka dari itu penggunaan VGA Card pada komputer ataupun laptop tidaklah menjadi suatu hal yang mutlak dan juga wajib ada, karena ada beberapa user yang bisa menggunakan fitur dari suatu komputter tanpa memerlukan VGA Card yang berkapasitas tinggi.Tidak seperti RAM dan juga komponen lainnya yang memiliki peran vital dan juga penting di dalam proses pemrosesan informasi di dalam suatu sistem komputer. Penggunaan VGA lebih banyak mengarah kepada keperluan yang berhubungan dengan grafis, seperti desain 3D, gaming, dan juga keperluan lainnya yang berhubungan dengan desain dan juga 3D.

Fungsi:
  Fungsi utama dari penggunaan VGA Card pada monitor adalah untuk membantu mengubah sinyal digital yang dihasilkan oleh suatu komputer menjadi suatu tampilan layar grafik pada monitor. Karena itu, pada beberapa jenis komputer yang tidak memiliki VGA Card, ataupun memiliki VGA Card dengan kualitas seadanya, maka tampilan layar menjadi kurang baik dan tidak menarik. Selain berfungsi untuk mentransmisikan sinyal digital, bagi yang memiliki komputer dengan VGA Card yang memiliki kapasitas besar, akan berfungsi lebih baik lagi, seperti:
1.VGA Card dapat berfungsi untuk menyimpan data-data dari sebuah hardisk.
2.VGA Card dapat berfungsi untuk membuat sebuah gambar dengan kualitas yang sangat bagus dan berkualitas.
3.VGA Card dapat berfungsi untuk memproses semua dari grafis yang nantinya akan ditampilkan ke monitor.
4.VGA Card dapat berfungsi untuk menerjemahkan sebuah output dari komputer ke monitor.
5.VGA Card dapat berfungsi untuk Menggambar atau mendesain grafik ataupun juga dapat digunakan untuk bermain game.
6.VGA Card dapat berfungsi untuk mengubah sebuah sinyal digital yang ada di komputer menjadi sebuah tampilan grafis ke layar monitor.
7.VGA Card dapat berfungsi untuk menyuplai data-data untuk prosessor yang nantinya akan di proses.
8.VGA Card dapat berfungsi untuk melakukan setting pada Graphics option windows.
9.VGA Card dapat berfungsi untuk membuat tampilan dari kombinasi grafis, warna dan kecepatan transfer grafis tersebut menjadi lebih berkualitas dan bagus.
10.VGA Card dapat berfungsi untuk membuat sebuah video atau gambar menjadi lebih terang, tajam dan sangat jelas.

Bagian-bagian VGA Card :
 VGA card terdiri dari sebuah papan sirkuit dengan berbagai macam komponen yang melekat diatasnya. Komponen-komponen tersebut diantaranya ialah:
1. Graphics Processing Unit
 Graphics Processing Unit (GPU) atau biasa juga disebut Visual Processing Unit (VPU) adalah sebuah sirkuit yang dirancang untuk memanipulasi data dengan cepat dan memodifikasi memori untuk mempercepat pembuatan gambar pada frame buffer. Singkatnya GPU ini mirip dengan CPU, namun GPU didesain hanya untuk menangani grafis saja.
2. Heat Sink
 Pada jenis VGA card yang baru dilengkapi dengan heat sink yang berfungsi untuk meratakan suhu yang ada pada graphics processing unit (GPU). Biasanya heat sink juga dilengkapi dengan sebuah kipas yang membantu untuk mengeluarkan udara panas yang ada pada VGA card.  Namun pada beberapa jenis VGA card yang berkualitas rendah tidak dilengkapi dengan heat sink, tetapi hanya menggunakan cairan pendingin sebagai gantinya.
3. Memory
 Memory adalah tempat dimana semua tekstur dan informasi grafis disimpan. GPU mengambil data dari memori kemudian memprosesnya lalu disimpan kembali di memori untuk kemudian disalurkan ke RAMDAC sehingga dapat tampil dilayar monitor anda. RAMDAC merupakan singkatan dari Random Access Memory Digital to Analog Converter. Yang mana berperan untuk mengontrol gambar digital untuk kemudian dikonversi menjadi signal analog sehingga gambar tersebut dapat tampil di monitor. Itulah penjelasan lengkap mengenai pengertian VGA card, fungsi VGA card beserta slot dan komponen yang ada pada VGA card. Pastikan anda memutuskan dengan tepat jenis VGA card apa yang akan anda gunakan. Untuk anda yang berprofesi sebagai seorang gamer atau bergelut dibidang multimedia lebih disarankan untuk menggunakan VGA card tambahan dengan kualitas yang bagus. Silahkan anda menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan dan budget yang anda miliki.

2 komentar:

Contact

Talk to us

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Dolores iusto fugit esse soluta quae debitis quibusdam harum voluptatem, maxime, aliquam sequi. Tempora ipsum magni unde velit corporis fuga, necessitatibus blanditiis.

Address:

9983 City name, Street name, 232 Apartment C

Work Time:

Monday - Friday from 9am to 5pm

Phone:

595 12 34 567

Wavy Tail
WELCOME EVERYONE